Kamis, 29 Agustus 2013

Keindahan Pantai Nihiwatu di Sumba Kalahkan Hawaii


Satu lagi pantai di Indonesia yang menjadi pantai terbaik dunia, Pantai Nihiwatu di Sumba yang berada di posisi ke-17. Pantai ini begitu sempurna meski membutuhkan waktu tempuh cukup panjang untuk dapat mencapai lokasi. Namun, perjuangan Anda akan terbayarkan setelah melihat air laut yang jernih, pasir pantai yang bersih, dan suasana matahari terbenam yang menakjubkan. Jika air sedang surut, penduduk lokal akan menyusuri karang untuk menangkap gurita, kepiting, dan mengumpulkan rumput laut.

Indonesia tentu patut bangga terhadap ketiga pantai tersebut. Pantai Nihiwatu di Sumba bahkan berhasil mengalahkan keindahan panorama Hanalei Bay di Hawaii yang terkenal. Pantai Hawaii yang menyajikan pemandangan gunung sebagai latar belakangnya ini harus puas berada di posisi ke-27.

Pantai Nihiwatu, mungkin tidak banyak yang mendengar nama pantai itu. Tapi siapa sangka, pantai yang tidak terlalu banyak terekspos itu menjadi satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia.

Nihiwatu berada di wilayah Sumba Barat, dan menjadi salah satu tujuan para Surfer dunia untuk mencoba keganasan ombak pantai tersebut. Maka tidak heran jika pelancong yang datang banyak berasal dari luar negeri.


Tempat ini sangat cocok bagi yang ingin menyepi, dan menikmati hawa pantai yang asli, karena selain jauh dari keramaian kota, tempat ini belum banyak di jamah oleh tangan-tangan industri. Apalagi jika kita datang dengan pasangan kita, rasanya ingin balik lagi ke sana.

Sayangnya, untuk bisa menikmati keindahan dan kedasyatan ombak Nihiwatu tidak sembarang orang bisa melakukan. Sebuah resor yang dibangun tepat menghadap laut Nihiwatu, diklaim sebagai pemilik yang menentukan siapa saja yang boleh menjajal pantai tersebut. Pantai Nihiwatu memang menjadi pantai privat bagi kalangan tertentu.



Punya pantai di negeri sendiri tapi tidak bebas dikunjungi. Kedengarannya memang sedikit aneh. Tapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu. Pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km ini merupakan satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia.

Bangunan resort ini terdari dari villa-villa yang menghadap ke laut, bungalow dengan 3 kamar tidur besar yang dibangun di atas bukit yang dilengkapi dengan kolam pribadi yang menghadap ke Samudera Hindia.

Begitu pula dengan restorannya pun dibangun menghadap ke arah pantai dengan model bangunan terbuka. Arsitektur dan ornamen bangunan yang ada di resort ini merupakan gabungan dari tradisional dan modern. Resort ini memang menawarkan keindahan laut dengan keeksotisan budaya Pulau Sumba.

Hal tersebut membuat resort ini memenangkan penghargaan sebagai hotel terbaik ke-2 di Indonesia pada tahun 2012 yang diadakan oleh TripAdvisor. Walaupun pemilik resort ini adalah seorang warga negara asing, namun karyawannya adalah penduduk lokal dan mereka menjaga dengan baik kebersihan pantai dan fasilitas yang ditawarkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar